10 Macam tanaman hias pembersih udara dalam ruangan

Tanamankebunku.com Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan akhir – akhir ini sering dicari oleh para pecinta tanaman, pasalnya selain memberi manfaaat sebagai penghias rumah dan taman, tanaman ini dipercaya bisa menyerap racun berbahaya yang ada di dalam rumah kita.

Sekilas rumah kita terlihat bersih, namun tahukah kita jika didalam perabotan dan lingkungan dalam ruangan rumah kita terdapat polusi – polusi atau zat – zat yang berbahaya yang menempel dan terkandung didalamnya tanpa kita sadari?

Kontaminasi udara didalam ruangan rumah kita bisa diakibatkan oleh polusi / udara yang berasal dari luar rumah, serta partikel – partikel yang berasal dari perabot dan benda lain yang berada didalam rumah kita.

Udara yang terkontaminasi inilah yang berbahaya, terutama bagi anak – anak dan bayi yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain didalam rumah.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan beberapa cara, salah satunya dengan menanam tanaman indoor yang berfungsi untuk membersihkan udara dan menghilangkan polusi.

Berikut Cara Untuk Menyiasati Polusi Udara dari Luar

Udara alami yang berasal dari luar rumah mengandung debu, terutama bagi Anda yang tinggalnya di dekat lokasi jalan raya yang padat kendaraan bermotor dan area industri.

Beberapa langkah bisa kita terapkan didalam rumah untuk mengurangi polusi yang masuk ke dalam ruangan antara lain :

  • Pertama silahkan tambahkan filter yang terbuat dari kasa atau kawat pada ventilasi jendela kita
  • Jaga Kebersihan lantai agar selalu tetap bersih, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau dengan rutin dan sering – sering menyapu, begitu juga dengan seluruh perabotan yang ada didalam ruangan seperti karpet, sofa, dan perabotan lainnya seperti furniture dengan menggunakan lap basah dan barang eletronik dengan menggunakan lap kering.
  • Jaga rumah agar tidak lembab, sebab ruangan yang lembab akan menjadi tempat bersarangnya bakteri – bakteri berbahaya
  • Tempatkan keset di depan pintu agar semua orang bisa melepaskan alas kakinya sebelum memasuki rumah.

Itulah bagaimana cara mengatasi polusi yang berasal dari luar rumah, sekarang bagaimana cara kita mengenali sumber Polusi yang berasal dari dalam rumah kita sendiri?

Tidak hanya polusi dari luar rumah, polusi juga bisa berasal dari benda – benda didalam rumah kita, dengan mengenali sumber – sumber yang berasal dari dalam rumah membantu kita menyiasati dan menciptakan udara yang lebih segar dan sehat.

Karpet dan Mebel Baru

Karpet yang baru pada umumnya mengandung VOC (Volatile Organic Compound), yang bisa membahayakan kesehatan terutama pada anak – anak yang memiliki riwayat penyakit asma dan alergi. Gas dari VOC inilah yang memberi efek negative seperti,  seperti mual, sakit kepala,  sakit pada tenggorokan dan iritasi ringan pada mata.

Sebaiknya sebelum digunakan karpet dan furnitur yang baru dibeli di jemur terlebih dahulu seharian diluar rumah, hindari menggunakan pembersih karpet semprot karena hampir semua bahan kimia yang disemprotkan pada karpet akan meninggalkan sisa pada lapisan karpet.

Pengharum Ruangan

Bukan tidak boleh menggunakan pengharum ruangan untuk menciptakan suasana yang segar dan bersih, kebanyakan dari semua pengharum ruangan yang ada hanya menyamarkan bau dengan aroma buatan atau sintetis, dan mengurangi ketajaman penciuman manusia, akibatnya bahan – bahan kimia tersebut berdampak buruk pada kesehatan seperti kandungan formaldehida, fenol, dan etanol yang bisa menyebabkan asma, pusing, ruam dan migrain.

Cat Dinding

Ketika mengecat, biarkan rumah dan jendela terbuka hingga beberapa hari untuk memastikan sebanyak mungkin VOC yang bisa terlepas ke udara luar.

Produk Pembersih

Produk kimia seperti deterjen dan pembersih lantai yang banyak mengandung zat amonia beresiko mengakibatkan gangguan pernapasan, sebaiknya gunakan master dan sarung tangan ketika menggunakannya, untuk minimalisasi penggunaan pembersih semprot, sebaiknya kita menggantinya dengan cairan lain yang memiliki fungsi sama namun minim efek samping, salah satunya yang bisa kita coba dengan membuat cairan pembersih sendiri yang terbuat dari larutan cuka dan air hangat ditambah soda kue untuk membersihkan bagian tertentu dalam rumah.

Asap Rokok

Selain menimbulkan bau bagi perokok pasif, residu asap rokok yang tertinggal di lantai, karpet, bantal dan sofa juga menimbulkan bau yang tidak sedap. tentunya hal ini juga tidak baik bagi anak – anak kita.

Gas dan Kompor

Tabung gas LPG dan kompor yang bocor, dapat melepaskan karbon monoksida yang bisa menyebabkan kelelahan, mual, sakit kepala bahkan kematian, sedangkan untuk gas nitrogen dioksida dapat mengakibatkan gangguan pernapasan.

Selalu pastikan gas terpasang dengan benar dan tidak ada yang bocor, dengan menempatkan gas LPG dekat dengan jendela atau vertilasi udara dapat mengurangi adanya polusi dan gas akan segera terlepas keluar.

Itulah beberapa penyebab polusi yang terjadi didalam rumah kita, untuk mengatasi polusi diatas kita bisa menanam tanaman hias yang bisa hidup didalam ruangan, dengan demikian tanaman ini bsa menyerap polusi dan menyegarkan udara sekitar kita.

Berikut kami uraikan jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai hiasan dan bermanfaat untuk penyegar udara dalam ruangan .

10 Macam tanaman hias pembersih udara dalam ruangan yang bisa kita tanam didalam rumah dan manfaatnya

Aloe Vera / Lidah Buaya

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan lidah buaya

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan / tanaman indoor lidah buaya

Lidah buaya atau yang lebih kita kenal dengan Aloe Vera adalah sejenis tumbuhan berduri yang memiliki daun runcing berbentuk taji, tebal dan tepinya bergerigi, rata rata tumbuhan ini berwarna hijau bintik – bintik dengan panjang 15 – 36 cm dan lebar 2 sampai 6 cm.

Tumbuhan ini dikenal sejak ribuan tahun silam, salah satu manfaat utama nya sebagai penyubur rambut seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan dan tekhnologi tumbuhan ini dipercaya memiliki manfaat sebagai obat tradisional seperti penyembuh luka, dan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, tanaman lidah buaya merupakan salah satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan beberapa kandungan zat seperti enzim, asam amino, vitamin, mineral, polisakarida, dan komponen lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan Dracaena Marginata

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan Dracaena Marginata

Tanaman hias pembersih udara dalam ruangan Dracaena Marginata

Setelah Lidah buaya, tanaman hias dalam ruangan / indoor yang mampu memberi manfaat dan bisa menyerap racun adalah Dracaena Marginata.

Mungkin tanaman ini sering dianggap sebagai tanaman liar, karena sering tumbuh dipekarangan rumah dan kurang terpelihara, tanaman hias ini pun tidak terlihat aura keindahannya.

Namun berbeda ceritanya dengan di Negara Inggris atau Amerika, justru tanaman ini menjadi favorit karena memiliki fungsi lebih sebagai pembersih udara.

Dracaena merupakan salah satu tanaman yang paling bandel, karena kelebihannya yang bisa ditempatkan didalam dan diluar ruangan, tidak hanya itu tanaman ini juga bisa diperbanyak dengan teknik / cara stek batang.

meskipun tanaman ini dikenal sebagai tanaman indoor dan bisa hidup didalam ruangan tertutup, tapi sebaiknya Anda usahakan agar tanaman ini bisa terkena sinar matahari secara langsung, misalnya dengan meletakkan didekat cendela.

Dracaena, atau yang lebih dikenal sebagai tanaman landscap atau tanaman hias indoor ini memiliki banyak ragam dan jenis. diantaranya :

  • Dracaena Marginata
  • Dracaena Deremensis
  • Dracaena Draco
  • Dracaena Sanderiana
  • Dracaena Reflexa
  • Dracaena Godseffiana
  • Dracaena Fragrans

Tanaman hias pembersih yang bisa tumbuh dalam ruangan dan bermanfaat bagi kesehatan yang ketiga adalah Azalea