Pengertian Tanaman

Pengertian Tanaman – Dalam dunia pertanian, tanaman merupakan gabungan dari berbagai jenis organisme yang dengan sengaja di budi dayakan pada suatu tempat tertentu dengan tujuan jika telah mencapai batas waktu tertentu bisa dipanen,  namun pada orang awam kebanyakan, pengertian tanaman sama dengan tumbuhan, memang hampir semua tanaman adalah tumbuhan, contohnya fungi (jamur pangan, sebagai contoh jamur kancing dan jamur merang) mereka adalah kelompok tumbuhan yang sengaja dibudi dayakan dengan harapan suatu saat ketika mencapai batas waktu tertentu bisa dipanen dan memanfaatkan nilai ekonomi nya.jadi dengan demkian perbedaan antara tanaman dan tumbuhan yaitu tanaman sengaja ditanam dan tumbuhan sesuatu yang muncul dengan sendirinya diatas permukaan bumi.

 

Bagaimana jika tumbuhan yang sengaja ditanam, namun tidak untuk dipanen, dalam hal ini masih disebut sebagai tanaman jika tujuan utama nya diperuntukkan sebagai estetika dalam pertamanan dan arsitektur lanskap, contohnya tanaman bunga.

 

Contoh tanaman pertanian utama yang dibudidayakan di seluruh dunia yaitu beras, kentang, kedelai, tebu, gandum, jagung dan berbagai jenis tanaman lainnya

 

Berdasarkan kelompok produksinya, tanaman biasa dibedakan menjadi :

  • Tanaman obat – obatan, tanaman yang berfungsi sebagai obat,
  • Tanaman buah, tanaman penghasil buah – buahan,
  • Tanaman sayuran, tanaman penghasil sayur mayur,
  • Tanaman industri, yakni tanaman yang menghasilkan bahan baku industri,
  • Tanaman serat, tanaman yang menghasilkan serat untuk keperluan tertentu, seperti pembuatan kertas dan tekstil,
  • Tanaman umbi – umbian, tanaman penghasil umbi yang bisa dimakan,
  • Serealia, tanaman sebagai sumber pangan utama penghasil biji – bijian,
  • Dan tanaman kacang – kacangan,

 

Serealia

Gandum

 

Serealia merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan nutrisi padat dan mengandung berbagai macam vitamin, mineral, protein, lemak yang berupa biji – bijian yang dihasilkan oleh keluarga Poaceae. Secara botani, biji – bijian yang dihasilkan oleh tanaman ini disebut dengan buah kariopsis yang terdiri atas germ, bekatul dan endosperma, namun dewasa ini pengolahan serealia ini dilakukan oleh industri pangan dengan membuang germ, dan bekatul sehingga hanya menyisahkan endosperma saja untuk di konsumsi oleh manusia.

 

Manfaat Serealia

Salah satunya makanan berbahan serealia yang memberikan bahan bakar cukup bagi anak anak untuk kegiatan disekolah nya dan membantu meningkatkan daya ingat anak adalah gandum, gandum utuh yang mengandung karbohidrat komplek yang tinggi akan serat untuk kemudian dicerna menjadi glukosa dan dijadikan sumber energi sehari – hari. penyerapan glukosa dalam tubuh terjadi secara perlahan – lahan sehingga glukosa yang dihasilkan dalam tanaman gandum ini membuat rasa kenyang pada anak lebih lama, oleh sebab itu jika di konsumsi ketika berangkat ke sekolah, maka perut anak anak akan terasa tetap kuat dan tidak lemas di siang harinya terutama pada jam 12 siang.

manfaat lain dari mengkonsumsi makanan serealia dengan gandum utuh ini yaitu untuk mencukupi kebutuhan asupan serat yang diperlukan anak – anak, selain itu serat juga dipercaya memperlancar sistem pencernaan dan mencegah konstipasi, rasa sereal yang terdapat pada gandum membantu menambah nafsu makan anak, selain itu dengan mengkonsumsi gandum utuh dapat menghindari reseiko kesehatan lainnya yang berhubungan dengan obesitas seperti penyakit jantung dan diabetes.


Jenis – Jenis Serealia antara lain : 

  • Padi (Oriza Sativa)
  • Jagung (Zea mays)
  • Gandum (Triticum sp)
  • Sorgum (Sorghum sp)
  • Barlay (Hordeum vulgare)

Untuk lebih lengkap dan jelas tentang makanan jenis serealia ini berikut kami uraikan :
Jenis – jenis Serealia beserta penjelasannya

 

Kacang Kacangan

kacang kacangan
Kacang – kacangan adalah salah satu sebutan untuk biji yang berukuran lebih besar dari serealia yang mengandung sejumlah serat pangan dan vitamin juga protein, karbohidrat kompleks, folat dan zat besi.

kacang – kacangan sering digunakan sebagai bahan pangan bagi manusia dan hewan ternak.

kacang – kacangan umumnya didapatkan dari keluarga Fabaceae namun tanaman kacang – kacangan yang dipanen muda, seperti buncis, kapri dan edamame tidak termasuk ke dalam kacang – kacangan dalam definisi FAO.

Dalam satu cangkir the kacang yang telah dimasak mengandung 9 hingga 13 gram serat pangan, serat pangan yang terlarut dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

 

Tanaman sayuran

Tanaman sayuran

Sayuran adalah sebutan umum bahan pangan yang berasal dari tumbuhan mengandung kadar air tinggi. bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. sebutan untuk jenis sayuran disebut sayur mayor atau sayur – sayuran, sedangkan sayuran yang berbetuk daun yang bisa dimakan secara mentah disebut sebagai lalapan.

Dalam beberapa Negara umbi – umbian seperti kentang dan singkong disebut juga sebagai sayuran, namun ada juga yang mengelompokkan nya kedalam makanan pokok bersama serealia.

 

Tanaman Industri

Contoh tanaman industri

Tanaman industri adalah tanaman pertanian yang tidak di budidayakan secara subsisten, dengan kata lain tanaman yang sengaja ditanamn untuk menghasilkan keuntungan ketika di jual, hasil tanaman nya kemudian dijual dalam bentuk komoditas yang terpisah dengan hasil budidaya tanaman lainnya, oleh sebab itu tanaman industri ini sangat rentan terhadap perubahan pasar dunia dan biaya industry.

Contoh tanaman industri antara lain :

  • Kelapa sawit,
  • Tebu dan
  • Karet

 

Itulah Pengertian tentang tanaman sesuangguhnya dan perbedaan tanaman dengan tumbuhan serta pengelompokan tanaman berdasarkan kelompok produksinya semoga Artikel tentang pengertian tanaman ini bermanfaat bagi teman – teman yang membutuhkan 🙂