Manfaat Tanaman Okra, Cara Mengolah, dan Cara Budidaya Sendiri di Rumah

Tanamankebunku.comTanaman Okra. Okra apa itu? Sejenis buah? Resep makanan, obat atau tanaman herbal? Okra apa bisa dimakan mentah?

Baru dengar ya di Indonesia hehe apalagi di jawa. Sama saya juga beberapa tahun belakang dengar nya. Padahal tanaman jenis ini sudah booming di beberapa negara besar. Bahkan menjadi makanan mereka sehari –hari.

Karena khasiatnya yang banyak bagi tubuh, tanaman okra ini dikonsumsi bersama sayur dan beberapa perusahaan mengolahnya sebagai exstrak.  Sebut saja Amerika serikat, filipina, hongkong, jepang, afrika barat, dan negara – negara di asia selatan yang membuat tanaman ini menjadi makanan mereka sehari – hari.

 

Orang Mesir dan Moon pada abad ke 13 menyebut tanaman ini dengan sebutan bamya, dari bahasa arab. Dengan sebutan ini menunjukkan tanaman ini berasal dari arab. Tapi sebelumnya berasal dari ethiophia dan berkembang ke arab. Tanaman ini Merupakan jenis tumbuhan berbunga dari suku malvaceae.

Bahasa latin dari tanaman ini adalah abelmoschus esculentus moench dalam bahasa inggris lady’s finger, atau gumro tapi banyak yang mengenal tanaman ini dengan sebutan bendi.

tanaman okra

Tanaman ini dulu termasuk ke dalam keluarga genus hibiscus. Tapi sekarang diubah dan termasuk kedalam golongan genus hibiscus. Sekarang banyak ditemui di kawasan tropis termasuk indonesia.

Baca juga : Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk obat, macam – macam tanaman obat beserta khasiat dan  manfaatnya

Okra artinya apa sih?

Tanaman Okra adalah tanaman yang polongnya berbiji putih dan kulitnya hijau. Orang indonesia menyebut ini tanaman oyong. Iya memang benar sih jika dilihat sepintas buah dari tanaman ini mirip sekali dengan oyong atau gambas.  Okra bisa dimasak sayur bisa juga digunakan sebagai tanaman obat.

Buah ini berukuran sebesar cabai hijau, kelilingnya melekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. ketika dibelah, terdapat biji seperti gambas atau oyong. Rasanya renyah dan bertekstur mirip ikan teripang.

Manfaat Tanaman Okra

Okra cara memasak bisa di crispy, bisa dimasak okra Chinese recipe, diolah menjadi  kari, balado, campuran salad, tumis dan bisa di goreng, atau goreng bersama tepung.

Cara Mengolah Tanaman Okra

Selain dimasak dan digunakan sebagai campuran makanan, Okra hijau ini bisa digunakan sebagai obat herbal, orang – orang di negara amerika serikat menyebutnya okra herbal medicine.

 

Cara Memasak Okra

Beberapa Contoh Masakan Sayur Okra

 

Khasiat yang terkandung dalam tanaman okra

Tanaman okra memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal seperti mencuci liver atau hati, menurunkan kadar gula atau diabetes, melumasi dan melicinkan usus besar, mencegah dan menyembuhkan sembelit pada orang tua serta membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran usus.

Cara minumnya bisa dengan direbus menggunakan air bersih , dan baik di konsumsi untuk mengurangi perasaan murung dan sedih, menyembuhkan radang paru – paru, menetralkan asam lambung dan sakit di tenggorokan serta ambeien atau wasir.

 

Sedangkan cara memasaknya bisa langsung di potong – potong seperti memotong oyong atau gambas seperti gambar dibawah ini :

Biji Tanaman Okra

Nutrisi yang terkandung dalam tanaman okra

Kandungan yang terdapat dalam tanaman okra mentah adalah 90 persennya air, 2 persen protein, dan 7 persen karbohidrat.

Dalam 100 gram, tanaman okra mentah kaya serat makanan, vitamin C, Vitamin K. dengan kandungan magnesium, folat, thiamin, moderat juga terdapat dalam nutrisi tanaman ini.

 

Botani dan budidaya tanaman okra

Tanaman okra atau jari wanita atau bamia terkenal dengan sebutan tanaman abadi, sering dibudidayakan sebagai tanaman tahunan di daerah yang beriklim sedang dan sering tumbuh setinggi 2 meter atau 7 kaki.

Jadi jika dilihat dari ciri – cirinya tanaman okra ini hampir sama dengan keluarga kakao, kapas, kembang sepatu.

 

Daun dan bunga Tanaman okra

Okra

Daun tanaman ini tingginya sekitar 10 hingga 20 an cm. dengan diameter bunga sekitar 4 hingga 8 cm. dengan bagian luar bunga yang putih dan kelopak kuning. Titik pada bagian tengah bunga ini berwarna merah atau ungu.  Dengan bagian tengah bunga pas terdapat putik yang bisa memanjang hingga 18 cm dan mengandung banyak biji.

 

Cara menanam tanaman okra

Tanaman okra bisa dibudidayakan di hampir seluruh daerah beriklim tropis dan hangat di seluruh dunia. Tanaman ini salah satu tanaman yang paling tahan panas dan kekeringan. Tapi pada sebagian kasus daerah yang berembun dapat merusak polong tanaman ini.

 

Bibit atau benih okra sebelum ditanam dengan kedalaman 1 sampai 2 cm, sebaiknya direndam semalaman, perkecambahan terjadi selama 6 hari. Benih biji tanaman okra akan cepat berserat dan berkayu.

 

Tanaman okra ini  tersedia dalam dua varietas yakni okra hijau dan okra merah. Okra merah tidak ada yang berbeda antara rasa dan bentuknya Cuma ketika dimasak, polong okra merah ini berubah menjsdi hijau.

Untuk memanen tanaman ini sebaiknya tidak sampai matang biasanya panen  dilakukan dalam seminggu setelah penyerbukan.

 

Itulah sekilas tentang pengertian, manfaat, ciri – ciri dan cara budidaya tanaman okra di Indonesia, in sya Allah nanti segera saya bahas tentang manfaat tanaman okra ini untuk mengobati beberapa jenis penyakit dan cara mengolahnya.