Tanaman Hias

Tanamankebunku.com –  tanaman hias adalah berbagai bentuk tanaman yang sengaja di budi dayakan atau di tanam orang, sebagai penghias ruangan, kebun, acara upacara, tambahan keindahan pada busana, atau sebagai komponen karangan bunga baik itu yang berbentuk merambat, terna, perdu, atau pohon sekalipun.

Jika Anda pernah melihat bunga potong, bunga potong juga merupakan salah satu kelompok dalam tanaman hias. Jadi secara umum, tanaman hias adalah salah satu pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura.

Pada berbagai jenis tanaman hias, tidak semata karena keindahan bunga yang dimanfaatkan oleh seseorang, melainkan sebuah kesan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain warna dan aroma pada bunga, daun, buah dan batang bahkan pepagan dapat juga dimanfaatkan sebagai komponen keindahan, sebagai contoh, bunga mawar, melati dan berbagai aneka tumbuhan lainnya yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan tertentu untuk mengharumkan ruangan dan sekaligus menjadikannya sebagai tanaman hias. Tidak hanya itu selain tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai penghias dan pengharum ruangan, juga terdapat tanaman yang bisa berfungsi sebagai pengusir nyamun, sebagai contoh tanaman lavender. Tanaman lavender ini selain bisa sebagai pengusir nyamuk juga bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk menghiasi ruangan atau pun diletakkan di depan teras rumah.

Dalam sebuah arsitektur lansekap bentuk dan penempatan tanaman hias ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Selain itu hal yang terpenting yang perlu diperhatikan dalam tanaman hias ini adalah habitat alami yang disukai oleh tumbuhan tersebut, tanaman hias juga mencakup tanaman tepi jalan serta tanaman penaung ( tanaman di suatu ruangan terbuka)

Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan jika tanaman obat, tanaman sayuran, atau tanaman buah buahan bisa menjadi tanaman hias dan sebaliknya.

Macam – Macam Tanaman Hias Daun dan Penjelasannya 

Tanaman Hias Daun

Aglaonema

Tanaman Hias Aglaonema

Tanaman Hias Aglaonema atau yang sering disebut tanaman sri rejeki, tumbuhan ini memiliki daun lonjong dengan corak bintik ban atau gari mulai bagian tengah daun. Tumbuhan ini memerlukan lingkungan yang lembab namun tidak langsung terkena sinar matahari, cara merawatnya dengan menghindarkannya dari asap rokok, uap air seperti yang berasal dari dapur dan pemangkasan pada daun yang telah layu.

 

Kuping Gajah

Tanaman ini disebut kuping gajah karena dari bentuk daunnya yang lebih besar dari pada batangnya sehingga menyerupai kuping gajah.pada daun kuping gajah ini berwarna hijau tua dan terdapat hijau muda keputihan, penempatan tanaman ini sebaiknya berada di tempat yang teduh dan cukup mendapat sinar matahari tetapi tidak langsung, cara penyiraman tumbuhan ini dilakukan 1 kali sehari pada cuaca normal dan dua kali sehari pada cuaca yang cukup panas. Media tanam yang digunakan untuk tanaman ini adalah humus dan sekam.

 

Adiantum atau yang sering disebut Suplir

Suplir adalah tanaman hias daun yang bentuk daun nya mirip daun seledri, suplir sendiri memiliki berbagai jenis varietas, tumbuhan ini memiliki daun yang kecil dan memberi kesan cantik dan suasana segar. Tumbuhan ini agak sulit dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara yang bersih.

Tumbuhan ini membutuhkan sedikit cahaya, oleh karena itu sebagian tempatnya harus teduh, jenis tanaman ini tidak terlalu banyak membutuhkan air, asal tempat lembab dan tidak basah tetapi juga tidak kering, dan sebaiknya untuk penyiramannya menggunakan air hujan.

Jika musim kemarau, pot perlu dikelilingi oleh mos yang basah, tidak harus dengan menggunakan air hujan agar kelemban nya terjaga, sebaliknya jika musim hujan tiba, saat yang tepat untuk suplir tumbuh, sebaiknya ketika hujan tanaman ini di pupuk dengan baik dan teratur sesudah dipindah ke dalam pot dengan besaran yang sesuai dengan ukurannya.

 

Keladi Red Star

Keladi Red star atau dalam bahasa latinnya Caladium Bicolor merupakan tanaman yang memiliki daun lebar, kecantikan tanaman ini terletak pada bentuk dan warna daunnya, selain itu urat daunnya berbentuk bintang dan merah cerah, tangkai daun nya berwarna agak pink dengan belang belang hitam.

Tanaman ini termasuk tanaman yang sangat mudah ditanam, dan perkembang biakannya juga cepat, asal media tanam nya tetap dijaga lembab.

Cara penyiraman nya cukup disiram sekali dalam sehari, bisa sore hari ataupun pagi hari, dan penyiramannya harus dilakukan ke madia nya jangan ke daun nya. Karena dengan media yang basah atau lembab, keladi akan tumbuh cantik, lebar dan warna daun nya akan lebih keluar.

Untuk jenis tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar merah pada daunnya menguat

 

Media tanam untuk jenis tanaman ini menggunakan sekam atau cocopeat, sebaiknya jangan menggunakan tanah karena akar akan sulit menembusnya.

 

Dieffenbachia

Tanaman ini sering disebut sebagai bunga bahagia atau daun bahagia. Jenis tanaman ini sangat mudah jenis perawatannya dan perbanyakan nya. Tanaman jenis ini sangat tahan dalam ruangan meskipun dalam jangka waktu tertentu perlu diperlakukan pula di ruangan terbuka.

Warna dun pada tumbuan ini cenderung gelap, jika ditempatkan dalam ruangan atau dibawah naungan. Jadi tidak menjadikan masalah jika ingin menajdikan tanaman ini sebagai tanaman Indoor.

 

Selain sebagai tanaman hias, tanaman jenis ini juga berfungsi sebagai penyerapan racun dan membersihkan udara, jadi dengan menanam nya dihalaman, akan mengurangi gas polutan di sekitar rumah kita.

 

Hal yang perlu diperhatikan jika budidaya tanaman atau tumbuhan ini adalah getah daunnya serta batang nya, karena, getah daun pada tanaman ini  dapat menyebabkan kejang – kejang pada bibir atau tenggorokan jika mengenainya juga gatal – gatal, meskipun dalam beberapa waktu bisa putih kembali dengan sendirinya, gejala ini bisa menyebabkan syok bahkan kematian bila mengganggu saluran pernapasan. Sangat berbahaya sekali bukan, oleh sebab itu sebaiknya dalam merawat atau memangkasnya Anda gunakan plastik atau pelindung tangan, meski begitu cara memperbanyak tanaman ini sangat mudah sekali hanya dengan cara stek atau Anda bisa memangkas batang nya dan menaman nya ke tanah lain.

 

Tanaman Paku Tanduk Simbar Menjangan

(Platycerium bifurcatum (Cav) C.Chr)

Paku tanduk rusa (platycerium) adalah suatu genus tumbuhan paku dengan terdiri dari 18 jenis. Kesemuanya merupakan epifit (akar melekat di batang pohon) dengan penampilan yang unik karena memiliki dua tipe daun dengan penampilan yang unik dengan fungsi masing masing dan jenis yang berbeda – beda.

Dua tipe daun tersebut antara lain :

  1. Tipe pertama
    Tipe daun yang pertama yakni daun pada tumbuhan ini berbentuk perisai tegak, mengering pada kondisi kurang air, daun nya selalu steril dan fungsinya mengumpulkan dedaunan kering dan penangkap air, sehingga kelembaban bagi rimpang terjaga. Daun untuk tipe ini menyerupai tanduk rusa, meskti tidak semua demikian. Fungsinya sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun.
  2. Tipe ke dua
    Tipe kedua dari daun ini adalah menjuntai dari ‘pusat” panjang daun yang menjuntai dapat mencapai satu atau dua meter lebih.

Paku yang biasa disebut simbar menjangan ini dapat dijumpai tumbuh liar di semua daerah tropis di dunia, seperti ( dari Malaysia sampai Polynesia)

 

Tanaman untuk jenis ini bisa di tempel di pohon atau digantung untuk memberikan kesan alami pada tanaman. Begitupun dengan tempat dan lokasi untuk tanaman ini sebaiknya di tempatkan pada tempat yang teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari.

 

Saka Asparagus Plumosus

Tanaman jenis paku ini sangat mudah ditanam, daunnya yang lebat berbentuk jarum harus membuat tanaman ini indah di pandang meski juga terdapat potongan batang yang berdaun dan beberapa bunga yang bisa digunakan untuk menghias.  Tanaman jenis ini bisa berumur panjang asal tidak terkena cahaya matahari secara langsung dan terletak pada lingkungan yang lembab dan tidak kekurangan air.

 

Baca Juga :