Stomata : Pengertian, Ciri – ciri, Bagian, dan Fungsi pada Tumbuhan

Stomata

Pengertian Stomata

tanamankebunku.comStomata adalah lubang pada bagian epidermis yang masing – masing bagiannya diapit oleh dua sel penjaga. Sepasang sel tersebut bentuknya mirip dua buah sossis yang melengkung. Stomata memiliki jumlah yang berbeda-beda disetiap mmnya pada setiap tumbuhan.

Stomata merupakan salah satu bentuk tunggal pada tumbuhan yang berfungsi sebagai organ respirasi. berbentuk seperti bukaan kecil yang hanya bisa membuka tidak lebih dari 0,0002 mm.

apa itu respirasi? silahkan baca penjelasannya disini. Pengertian respirasi, manfaat dan fungsinya.

 

Contoh Stomata

Stomata

gambar stomata

 

Pada tumbuhan darat, stomata terdapat pada bagian bawah daun. Tapi untuk tumbuhan yang hidupnya di air atau mata biasanya terdapat pada bagian atas daun.

 

Nama Lain Stomata

Nama lain dari stomata adalah mulut daun.

 

Diatas saya jelaskan bahwa stomata berfungsi sebagai organ respirasi atau alat pernapasan pada tumbuhan dimana tugas Stomata adalah mengambil CO2 dari udara yang tujuannya untuk dijadikan sebagai bahan fotosintesis dan mengeluarkan O2, dimana pada manusia ini merupakan kebalikannya.

manusia bernafas menghirup O2 dan mengeluarkan Odan tentunya dengan menanam banyak pohon akan memberi banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Pada tumbuhan tingkat tinggi, alat pernafasannya biasanya menggunakan lentisel.

Silahkan baca : pengertian lentisel dan manfaatnya.

 

Fungsi lain dari stomata antara lain :

  • Sebagai jalan penguapan atau transpirasi
  • Sebagai Jalan respirasi dengan membuang kelebihan air melalui proses transpirasi

 

Macam-macam stomata

Stomata dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan hubungan ontogenetik antara sel penjaga dan sel tetangga diantaranya

Stomata Mesoperigen Stomata mesoperigen adalah sel-sel yang asalnya berbeda yang mengelilingi stomata antara satu atau beberapa sel Tetangga dan sel penjaga yang pada mulanya sama sedangkan untuk yang lainnya tidak demikian.

stomata perigen stomata perigen adalah perkembangan sel Tetangga dari sel protoderm yang berdekatan dengan sel induk stomata

stomata mesogen sel tetangga dan sel penjaga yang asalnya sama.

 

Stomata dibagi menjadi beberapa bagian menurut bentuk sel penjaga nya terdiri dari ginjal dan barbel.

Pada ginjal Bentuk dari sel penjaga stomata menyerupai ginjal terdapat pada tumbuhan seperti daun Adam Hawa (hoeo discolour)

Barbel Tumbuhan pemilik stomata jenis ini bagian dari keluarga zea. bentuk datar ditengah dan diujung.

 

Berdasarkan bentuk sel Tetangga AnisositikTerdapat dalam tumbuhan cocor bebek, Sel penjaga pada tumbuhan ini bentuknya berlainan.

Anomositik terdapat pada paku sarang burung (Aspelenium nidus) Sel tetangga ini tidak dapat dibedakan dengan sel epidermis di sekitarnya

gambar stomata anomositik

 

Parasitikbentuknya paralel antara sel tetangga dengan sel penjaga, contohnya terdapat pada Eichornia Crasipes

dan terakhir Telrasit terdiri dari empat sel penjaga yang letaknya paralel dengan sel penjaga.

 

Letak Stomata

Daun merupakan salah satu bagian pada tumbuhan yang berfungsi sebagai penghasil makanan bagi tumbuhan. Pada daun terdapat tiga lapisan yaitu lapisan epidermis atas, lapisan epidermis bawah dan mesofil. bagian tumbuhan dengan lapisan epidermis bawah ini terdapat stomata.

 

 

tipe stomata pada tumbuhan berbeda, hal ini tergantung pada jenis tumbuhan tersebut. apakah dikotil atau berjenis monokotil.

Perbedaan stomata pada tumbuhan dikotil dan monokotil antara lain sebagai berikut :

Stomata yang terdapat pada daun dikotil memiliki tulang menyirip, biasanya jumlah stomatanya tersebar dan untuk tumbuhan yang berdaun monokotil biasanya Susunan letak stomata nya berbentuk sejajar.

stomata pada tumbuhan monokotil terdiri dari : Anomocytic, cyclocytic, diacytic, paracit, parallelocytic

dan pada tumbuhan berjenis monokotil memiliki tipe stomata gramineae dan tipe paneropor.