Jenis dan macam – macam tanaman hias buah beserta ciri – ciri nya

tanamankebunku.comaneka tanaman hias buah bisa ditanam di dalam pot meskipun kita tidak memiliki lahan yang cukup lebar. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan dan ingin membudidayakan tanaman ini didalam teras rumah.

Untuk menanam tanaman hias ini, kita hanya menyediakan bibit tanaman hias saja yang sudah ditanam sebelumya didalam pot, atau tanaman hias buah yang sudah dicangkok sebelumnya.

 

Hal – hal apa saja yang perlu kita ketahui sebelum kita menanam tanaman hias buah didalam rumah?
berikut hal yang perlu kita lakukan sebelum menanam tanaman hias buah di dalam pot.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menanam tanaman hias buah antara lain :

Ukuran Pohon Sesuai dengan Pot

Sebelum kita memindahkan tanaman hisa buah yang sudah kita cangkok atau yang sudah kita beli  bibitnya kedalam pot, sebaiknya kita perhatikan dulu kerimbunan daun nya.

Jangan sampai pohon yang memiliki daun yang lebat di masukkan kedalam pot yang lebih kecil, hal ini akan menganggu perkembangbiakan dari pada tanaman itu sendiri nantinya, salah satunya akarnya.

Jadi sudah bisa kita kira – kira sendiri, pot yang nantinya akan kita gunakan untuk menanam tanaman hias buah itu sebesar apa.
Baca Juga : Pengertian tanaman hias, Jenis Tanaman Hias Beracun

Jadwal Pemberian Pupuk agar Cepat Berbuah

Tumbuhan juga butuh nutrisi, sama seperti manusia pada umumnya. Nutrisi pada tumbuhan dalam hal ini pupuk atau humus.

Kita bisa menggunakan campuran tanah dengan kotoran hewan atau sampah disekitar kita bisa juga pupuk organik atau pupuk yang dijual di toko – toko pertanian terdekat.

Pemberian pupuk pada tanaman hias sebaiknya dilakukan secara teratur.  Jumlah nya pun sebaiknya sesuai ukuran dan tidak terlalu banyak.

Jika pemberian pupuk terlalu banyak maka menyebabkan tanah menjadi panas. Hal ini tentunya juga tidak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan tanaman itu sendiri. Seperti berefek pada daun yang rontok bahkan pohon nya kering atau mati.

 

Ganti Tanah Secara Teratur
Media lain nya seperti tanah pada tanaman hias buah juga perlu kita perhatikan. tanaman yang sudah kita tanam sekitar 5 hingga 6 bulan sekali tanah nya perlu kita lakukan pergantian.  Pergantian tanah pada tanaman hias tidak perlu dilakukan semua nya, hanya 30 hingga 40 persen saja dari total keseruluhan.

Bercocok tanaman memang gampang – gampang susah. Gampang bagi yang memiliki hobi di bidang perkebunan atau bercocok tanam. Susah dan berat bagi yang tidak terbiasa. Selain beberapa hal diatas, yang penting diperhatikan dalam bercocok tanam adalah hama atau penyakit, agar tanaman kita bisa lebih subur dan sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut beberapa jenis tanaman hias buah yang mudah perawatannya.

Beberapa jenis tanaman hias buah yang bisa kita tanam dengan mudah di dalam pot antara lain

Krismil

Tanaman Hias Krismil

Tanaman Hias Buah Krismil

Krismil adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer di negara kita. Tanaman hias ini merupakan salah satu tumbuhan yang terdiri dari bermacam – macam warna, seperti gambar diatas ada 3 hingga 4 macam warna dalam satu pohon krismil. Apalagi jika kita membudidayakannya dengan cara bonsai. Kita bisa menggabungkan dengan berbagai krismil dan warna yang berbeda beda, tentunya hasilnya nanti juga akan terdiri dari beberapa macam warna dalam satu pot.

Ukuran tumbuhan ini sekitar 40 cm sangat cocok jika ditanam dalam lahan yang tidak seberapa luas dan hanya mengandalkan pot.

Tumbuhan jenis ini bisa hidup di dataran tinggi dan dataran rendah.

 

 

Jeruk Nagami atau cirus Sp

Tanaman hias buah jeruk

Tanaman Hias Buah Jeruk

Jeruk Nagami merupakan tanaman hias buah jeruk yang berbentuk lonjong tapi berukuran kecil. sama persis seperti pada gambar yang saya lampirkan diatas. Merupakan tanaman yang berbeda dari pada tanaman buah pada umumnya.

Tanaman hias ini merupakan tanaman yang sering berbuah, buah dari tanaman ini juga bisa langsung di konsumsi, bahkan bisa di makan sekaligus bersama kulitnya. Jika pada kebanyakan kulit buah jeruk rasa nya asam bahkan pahit, maka untuk kulit buah jeruk nagami ini rasa nya manis, lebih manis dari pada isi nya.

Di Negara Singapura, buah jenis ini sering digunakan untuk manisan atau asinan. Nagami merupakan salah satu varian buah “Kumquat” selain Marumi, pohon kumquat merupakan salah satu jenis pohon berbunga, tumbuh nya setinggi 2 setengah hingga 4 setengah meter dengan batang – batang yang bercabang dan berduri.

Daun pada tanaman ini berwarna hijau mengkilap, berbunga putih mirip bunga jeruk. Jika ingin memperbanyak tanaman jenis ini bisa dilakukan dengan cara okulasi.
Karena aroma dan rasa nya yang menyerupai jeruk, kemudian kumquat varietas nagami ini akhirnya disebut sebagai jeruk nagami .

Kandungan yang terdapat pada jeruk Nagami :

Nutrisi :
– Daun pada jeruk nagami mengandung banyak minyak atsiri
– Buah nya mengandung gula, asam organik dan kaya akan serat seperti vitamin A, B, dan C. tidak hanya itu kalsium dan zat besi serta mineral juga terdapat pada buah ini waw komplit sekali bukan 🙂

Manfaat jeruk untuk obat / pengobatan penyakit :

Selain rasanya manis dan memiliki banyak kandungan nutrisi, Tanaman jeruk nagami juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti :

  • Batuk
  • Pilek
  • Radang Tenggorokan
  • Diare
  • Demam dan
  • Gangguan limpa

Iya ada tambahan lagi, Buah jeruk ini mengandung 100 kalori dalam satu butir jeruknya, sehingga sangat cocok kita gunakan sebagai makanan pendamping kita ketika sedang melakukan diet.

Baca juga : tanaman obat yang bisa dimanfaatkan bunganya , tips bercocok tanam secara hidroponik, pengertian tanaman, tanaman hias adalah ,Cara menanam kacang tanah di polybag, cara menanam kacang tanah

Pohon Zaitun

Tanaman hias buah pohon Zaitun
Tanaman hias buah yang satu ini merupakan pohon kecil yang hidup tahunan serta hijau nya abadi. Buah pada tumbuhan ini dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar.

Pada buah ini jika sudah tua diperas kemudian keluar minyaknya. Minyak tersebut kemudian di ekstrak dan digunakan sebagai obat, atau kosmetik bahkan sebagai obat oles untuk mengencangkan kulit dan membuat awet muda.

Tanaman zaitun bisa tumbuh di berbagai daerah yang beriklim tropis sampai iklim sedang. seperti Asia, afrika dan daerah laut tengah.

Tangkai zaitun yang berdaun sering digunakan sebagai lambang perdamaian yang telah lama menjadi kebudayaan negara barat. Dari filosofi tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa dengan tumbuhnya tanaman zaitun ini akan membawa perdamaian bagi umat manusia.

Long Mulberry

Tanaman Hias Buah Long Mulberry

Long Mulberry atau bahasa latin nya Morus Macroura adalah salah satu dari 16 spesies mulberry yang tumbuh liar di berbagai negara di dunia. salah satu nya di Indonesia. Khusus untuk kelompok atau golongan spesies long mulberry ini disebut sebagai Himalayan Mulberry.
Ada juga yang menyebut pakistan mulberry. Rasanya sangat enak dan bisa langsung dimakan.

Tanaman mulberry ini dapat tumbuh sekitar 8 hingga 9 meter dengan tinggi 20 meteran. Bahkan ada yang merambat. Kelompok tanaman ini dikenal dengan tanaman hias berbuah yang hidup nya lumayan panjang dan berbuah selama ratusan tahun.

Untuk perawatan nya sangat mudah karena asal nya tumbuhan hias buah ini memang tumbuhan liar, jadi tidak memerlukan pupuk atau penyiraman. Hanya saja tidak bisa tumbuh di indoor dan membutuhkan terik matahari secara langsung.

Untuk buah tanaman mullbery ini jika masih muda sekali berwarna hijau setengah matang. Warna nya merah muda ke hijauan dan jika sudah matang rasanya manis ada asam sedikit berwarna hitam bisa merah matang.

Kecapi Bangkok

Buah kecapi bangkok adalah buah yang mirip dengan buah kernetu / manecu. Buah ini berasal dari Malaysia, namun pada akhirnya populer di Filipina. Buah ini sering disebut sebagai buah Loly Fruita, karena memang untuk memakan buah ini harus menyedot dulu daging buah nya karena biji nya melekat kuat pada daging buah

Berabad abad silam tumbuhan hias buah ini dibawa masuk ke India, Indonesia (Maluku, Borneo dan tapanuli) bahkan filipina, hingga akhirnya tanaman ini ditanaman secara luas dan mengalami naturalisasi dalam bahasa batak nya sotu.

Buah kecapi bangkok ini memiliki rasa yang sangat manis tanpa asam sehingga sering dipergunakan untuk membuat selai. Namun untuk saat ini pohon buah ini semakin langka karena tergeser oleh tanaman buah yang semakin populer dari waktu ke waktu.

Bagian pohon kecapi ini memiliki khasiat obat. Rebusan daun nya bisa digunakan untuk obat tradisional penurun panas, sangat cocok jika Anda memiliki balita atau bayi yang sedang demam, sebaiknya menggunakan obat herbal seperti ini, serbuk kulit pada batang nya digunakan untuk pengobatan cacing gelang. Akar nya digunakan untuk obat diare dan sakit perut, bisa juga sebagai penguat tubuh bagi wanita setelah melahirkan.

Karena di perbanyak dengan cara vegetatif seperti okulasi, sambung atau cangkok, maka pohon pada tumbuhan ini bisa berbuah sangat cepat, mulai dari tinggi 1 meter pohon ini sudah bisa menghasilkan buah yang langsung bisa dimakan.

Buah Naga Mini

Tanaman Hias Buah Naga Pot

Tanaman Hias Buah Naga Dalam Pot

Buah naga ini tidak berbeda dengan buah naga pada umumnya. Selain rasa nya yang manis, buah nya pun sama dengan buah naga lain nya. Hanya saja ukuran nya yang sangat imut membuat tanaman buah ini terliat lucu dan menggemaskan seperti tumbuhan mitasi pada umumnya.

Buah ini dengan panjang 70 cm sudah bisa menghasilkan buah yang siap di konsumsi. Dengan tampilan yang lucu membuat buah ini layak untuk di tanam di halaman kita, Cara perbanyak nya pun mudah sekali hanya dengan okulasi sudah bisa mendapatkan pohon yang sama dan buah yang sama juga dengan aslinya.

Itulah contoh beberapa tanaman hias buah yang bisa kita koleksi dengan keindahan buahnya, kita bisa mencoba nya menaman tanaman hias yang lain selain tanaman yang saya sebutkan diatas, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari referensi untuk menanam tanaman hias ini 🙂