Kesalahan Fatal dalam Menanam Tanaman Hias

Kesalahan dalam Menanam Tanaman Hias –  Budidaya tanaman merupakan salah satu hobi yang tidak akan pernah ada bosan nya, mulai dari remaja, ibu – ibu bahkan bapak – bapak pun banyak yang menggeluti hobi ini, dan tidak sedikit yang dari hobi menanam bunga ini akhirnya menjadi profesi serta menghasilkan keuntungan jutaan bahkan ratusan juta setiap bulannya, contohnya Bapak Rifai, Bapak Rifai ini adalah seorang tukang sampah yang naik haji berkat usaha tanaman bonsai miliknya. wah menarik sekali bukan, Siapapun juga bisa sebenarnya, Andapun juga bisa asalkan ulet, yang berawal dari hobi bisa menjadi profesi.

Selengkapnya baca kisahnya disini : Kiat Rifai kreasikan tanaman hias dan bonsai.

Untuk menanam suatu tanaman tidak lah mudah juga bukan hal yang susah, gampang bagi yang sudah terbiasa dan mengetahui ciri khas setiap jenis tanaman, susah bagi yang kurang familiar dengan jenis tanaman tertentu.
Agar Suatu tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sesuai yang diharapkan, kiranya kita perlu mengetahui hal – hal apa saja yang bisa menimbulkan kesalahan fatal dalam menaman suatu tanaman hias.

kesalahan dalam menanam tanaman hias

Contoh salah satu kesalahan fatal dalam menanam tanaman hias

Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan hindari dalam menanam suatu tanaman, terutama pada tanaman hias dalam pot agar tidak terjadi kesalahan fatal dalam menanam tanaman hias.

Salah satu kesalahan dalam menanam tanaman hias yang pertama adalah terlalu memaksakan lokasi

Tanaman di dataran tinggi di tanam di dataran rendah atau sebaliknya, dalam hal ini saya ambil contoh pohon apel, sangat tidak mungkin sekali menanam pohon apel didaerah panas seperti surabaya dan sekitarnya, karena memang pohon apel merupakan  pohon yang tumbuh di daerah dingin.
Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Budidaya Apel Manis dan Berkualitas Tinggi

Kesalahan Pemilihan media tanam

Pada dasarnya tanaman tidak begitu rewel dengan media tanam, kecuali tanaman karnivora, namun perawatan dan media seperti tanah yang digunakan penggunaan pupuk yang tidak tepat juga bisa membuat tanaman akan susah berkembang. ada beberapa jenis tanaman yang tidak membutuhkan tanah yang subur namun bisa berkembang dengan baik, ada juga jenis tanaman yang menyukai media kompos, dan ada juga beberapa tanaman menyukai tempat dan media yang longgar agar air dapat dengan mudah mengalir dan terhindar dari genangan, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu media tanam apa yang cocok untuk tumbuhan yang akan kita tanam.

Terlalu Banyak atau Kekurangan Air

Beberapa jenis tanaman ada yang emmebutuhkan cukup air seperti teratai, ada juga yang tidak suka terlalu kering, tapi cukup lembab, seperti Anggrek Bulan. jadi untuk mengetahui kebutuhan air suatu tanaman sebaiknya kita mengetahui dulu karakteristik dari masing – masing tanaman sebelum menanam nya.

Kurang Cahaya
Jika tadi kami jelaskan terlalu banyak pupuk bisa memberikan efek yang tidak baik bagi tanaman seperti daun yang rontok, layu bahkan mati, kekurangan cahaya pada tumbuhan juga bisa menyebabkan dampak yang buruk juga, layu bahkan sampai mati mengering.
Jadi sebaiknya pada beberapa tanaman tertentu yang bisa ditanaman didalam suatu ruangan sebaiknya tetap diberikan cahaya walaupun didalam teras dan terkena sedikit cahaya matahari.

Alhamdulillah Akhirnya artikel tentang kesalahan dalam menanam tanaman hias ini selesai juga, semoga artikel ini memberi manfaat bagi Anda yang sedang mencari artikel dan panduan sebelum memulai menanam tanaman hias sehingga hal – hal buruk yang terjadi ketika proses menanam tanaman hias bisa di minimalisir 🙂