Contoh dan Jenis Tanaman Hias Beracun

Tanamankebunku.com  – Contoh dan jenis tanaman hias beracun – Bagi Anda pecinta atau hobi budidaya tanaman, kira nya perlu di ketahui bersama bahwa tidak semua jenis tanaman yang indah dan bagus memiliki efek yang baik bagi kita, ada kala nya tanaman yang menguntungkan dan bermanfaat seperti tanaman toga atau tanaman obat, tanaman lavender yang digunakan sebagai pengusir nyamuk, melati, yang selain berfungsi sebagai pengharum ruangan, tanaman hias bunga dan tanaman hias buah, ada juga tanaman hias yang berbahaya dan beracun bagi manusia dan hewan peliharaan, terutama jika kita memiliki anak kecil patut kira nya menjauhkan nya dari bunga – bunga berikut ini dari jangkauan mereka, bunga ini merupakan bunga hias beracun yang paling mematikan nomor satu di dunia, seperti apakah bentuknya? baiklah berikut tanaman hias yang beracun yang patut kita jauhi :

Tanaman Hias Beracun Oleander

tanaman hias beracun dan mematikan

Tanaman hias beracun berbahaya dan mematikan

Tanaman Oleander atau dengan nama lain Nerium Oleander, adalah salah satu tanaman paling beracun di dunia. Jika dilihat sepintas, tanaman ini mirip dengan bunga kamboja, perbedaan yang paling mencolok dengan bunga kamboja adalah terletak pada daunnya, daun pada bunga kamboja memiliki kekar dan tebal, sedangkan untuk daun pada tumbuhan ini berbentuk panjang – panjang dan ramping, selain itu Mahkota Oleander ini lebih tipis dan berwarna merah muda atau pink serta lemas, sedangkan kamboja tidak. Jenis aroma untuk bunga kamboja juga khas ya,  sedangkan aroma dari bunga Oleander ini hampir tidak beraroma sama sekali, mungkin karena sama sama berasal dari kelompok atau golongan Apocynaceae, sehingga meskipun kedua kelompok ini memiliki perbedaan genus, tetapi masih terdapat kemiripan dengan kamboja.

Tanaman hias beracun jenis ini sering kali kita temukan dihalaman sekolah, halaman rumah sakit, taman kota, tepi – tepi jalan, bahkan di halaman rumah kita sendiri, tanaman jenis ini sering di jadikan tanaman bonsai, bagi pecinta nya. Harga nya pun mahal, sama seperti bonsai kamboja kecil waktu itu, namun siapa yang menyangka jika tanaman yang indah dipandang mata ini merupakan tanaman yang mematikan nomor satu di dunia? Mulai dari batang, getah batang, tangkai, daun, bunga, biji buah dan dahan dan seluruh bagian dari bunga oleander ini beracun, bukan saja manusia, racun dari pohon atau bunga ini juga bisa mengena pada binatang peliharaan seperti kambing, sapi, anging, bahkan kucing sekalipun.

baca juga : Tanaman hias bunga yang paling mudah perawatannya,
tanaman toga dan manfaatnya, cara menanam tanaman hidroponik

kesalahan dalam menanam tanaman hias

Jenis racun yang terdapat pada tanaman hias beracun Oleander

Ada beberapa jenis racun yang terdapat pada tanaman hias beracun oleander ini diantaranya : Oleandrin dan Neriinr yang termasuk golongan Cardiac Glycoside, yakni suatu zat yang menyebabkan lambat nya laju jantung, denyut jantung dan gagal jantung, sedangkan kulit dari batang pohon atau Bark Oleander ini mengandung zat beracun Rosagenin yang memiliki daya kerja seperti Strychnine.

Anak – anak yang gemar memetik bunga bahkan mengunyah dan menghisap nya adalah golongan yang beresiko mengalami keracunan, satu lembar daun Oleander, jika dimakan balita maka berakibat fatal dan mematikan, gejala keracunan tumbuhan ini sangat mirip dengan keracunan makanan atau minuman diantara nya : mual, muntah, sakit perut dan diare, pandangan mata menjadi kabur, denyut jantung melambat, koma, bahkan kematian. Tapi yang paling memprihatinkan, bagian dari tanaman ini sering digunakan untuk aksi bunuh diri, terutama di Sri langka dan India.

Seperti sebelum tahun 80 an, di Sri langka dan India tidak pernah ada catatan masyarakat nya meninggal karena keracunan bunga oleander, namun pada tahun itu diberitakan bahwa beberapa gadis yang meninggal karena keracunan bunga Oleander, bahkan tidak hanya itu akhir – akhir ini di Sri Langka Angka Kematian akibat oleander ini meningkat rata rata 2 ribu jiwa meninggal bunuh diri menggunakan bunga ini, Racun dari bunga ini tidak hanya digunakan sebagai alat bunuh diri, namun juga di gunakan untuk membunuh orang, bahkan menggugurkan kandungan. Keterlaluan sekali bukan?

Pengeringan daun, biji, dalam tanaman ini tidak mengurangi kadar toksin yang terkandung di dalam nya. Yang mengherankan daun bunga yang berasa manis bila di konsumsi ini dapat menewaskan seekor kuda bila terlambat diberikan pertolongan.

Jika sudah terlanjur keracunan oleh bunga Oleander? bagaimana cara pengobatan nya ?

Cara Pengobatan karena keracunan bunga Oleander :

Salah satu cara pengobatan keracunan akibat tumbuhan oleander ini adalah dengan merangsang muntah, pembilasan lambung, dan pemberian Norit, norit dalam hal ini dimaksud adalah untuk mengikat zat beracun menjadi netral untuk dikeluarkan dari tubuh.

Bagaimana jika sudah dirangsang muntah tapi tidak dikeluarkan juga?

Cara yang harus segera dilakukan apabila pasien tidak segera muntah, adalah dengan pemberian Digoxin Immune Fab yakni suatu obat produksi di Glaxo Smith Kline, namun harga untuk obat ini sangat lah mahal, jadi di daerah Sri Langka dan India sering kali mengalami kendala.

Melihat begitu bahaya nya akan kandungan toksin dalam tumbuhan ini, kira nya kita dapat mengingatkan sang pemilik jika kita temui bunga ini di halaman tetangga kita agar menebang nya. daripada terjadi korban yang tidak kita ingin kan 🙂 semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Amin