Panduan Cara Menanam Kacang Tanah Secara Lengkap

Tanamankebunku.comCara menanam kacang tanah agar hasil bagus dan melimpah tidak harus menghabiskan biaya perawatan yang mahal. Karena pada dasarnya kacang tanah merupakan tanaman yang memiliki syarat tumbuh dan hidup yang sederhana.

Kacang tanah bisa tumbuh di tempat kering dan musim kemarau sekalipun.  jika musim kemarau tiba, tidak mungkin para petani menanam padi. Mereka biasanya memanfaatkan sawahnya dengan menanam tanaman polong – polongan seperti Kacang Hijau, Kacang Tanah, Kedelai dan tanaman atau sayuran lainnya.

Teknik Bercocok Tanam Tanaman Kacang Tanah

Cara Menanam kacang tanah bisa menggunakan berbagai macam media tanam seperti di botol atau gelas aqua, polybag, kapas, bahkan bisa juga menggunakan teknik modern seperti hidroponik.

Sebelum saya menjelaskan tentang cara menanam kacang tanah dengan baik dan benar, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa saja jenis kacang tanah yang ada di indonesia. Syarat tumbuh kacang tanah dan pemilihan pupuk agar kita menanam nya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Kacang tanah adalah jenis tanaman polong – polongan terpenting kedua setelah kedelai.

Iya benar kedelai merupakan jenis tanaman kacang – kacangan terbesar di Indonesia saat ini. Bagaimana tidak hampir setiap hari setiap warga Indonesia mengkonsumsi  tempe dan menambahkannya kedalam daftar makanan mereka untuk kebutuhan lauk pauk mereka sehari – hari.

Selain digunakan sebagai bahan makanan utama pembuatan tempe, kedelai juga digunakan sebagai bahan pembuatan tahu, sari kedelai dsb. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah kacang tanah, Kita kembali lagi ke kacang tanah.

Cara menanam kacang tanah yang baik dan benar sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik dan melimpah.

 

Cara Menanam Kacang Tanah

Cara Menanam Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan stabilitas kesehatan tubuh kita diantaranya  :

Manfaat Kacang tanah baik goreng, rebus atau kacang tanah mentah bagi tubuh

  • Kacang tanah tumbuhan yang kaya akan lemak.
  • Mengandung banyak protein tinggi, Zat besi, Kalsium, Fosforus, Vitamin A dan K,  vitamin B Komplek juga lesitin, kolin dan juga kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dibanding telur, kacang soya, daging.
  • Memiliki rasa yang manis, dan banyak digunakan untuk membuat aneka jenis kue.
  • Mengandung bahan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, serta mencegah beberapa penyakit, dengan mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu, dilaporkan dapat mencegah timbulnya penyakit jantung.
  • Meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner.
  • Mengandung omega 3 dan omega 9 , dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram omega 3 dan 17 gram omega 9.
  • Penurun kolesterol dalam darah
    Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan dan di sirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati.

Uji coba dan penelitian yang telah dilakukan bahwa kacang tanah bisa digunakan sebagai makanan penurun darah tinggi dan juga penurun kolesterol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan yang mudah berdarah, keputihan dan insomnia.

Namun, jika ada yang menderita kanker payudara, atau mempunyai masalah jerawat sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan satu ini.

Ciri – Ciri dan Jenis Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan jenis tanaman yang bisa ditanam dengan dua tipe, yakni tegak dan menjalar

Perbedaan Kacang Tanah Tegak dan Menjalar

Ciri – ciri Kacang Tanah Tipe Tegak :

  • Jenis Kacang yang tumbuh lurus atau sedikit miring keatas,
  • Buah nya terdapat ruas – ruas dekat rumpun,
  • Umumnya berbentuk pendek genjah dan
  • kemasakan buahnya merata.

Ciri – ciri Tumbuhan Kacang Tanah Tipe Menjalar:

  • Jenis tmbuhan ini tumbuh nya kearah samping,
  • Memiliki batang yang panjang
  • Buah terdapat pada ruas – ruas yang berdekatan dengan tanah dan umumnya tanaman kacang tanah jenis ini Berumur panjang.
  • Tipe dan cara tanam jenis ini lebih diskuai oleh petani karena memiliki potensi hasil lebih banyak dan lebih tinggi.

Syarat Tumbuh Kacang Tanah :


Curah hujan
yang sesuai untuk kebutuhan tanaman kacang tanah diantara nya 800 sampai 1300 mm per tahun. hujan yang terus menerus akan meningkatkan kelembapan di sekitar pertanaman kacang tanah.

Suhu udara bagi tanaman kacang tanah tidak terlalu sulit. Karena untuk menanam kacang tanah hanya memerlukan suhu minimal 30o – 32o jika suhu dibawah 10o Celcius, menyebabkan pertumbuhan tanaman sedikit terhambat. bahkan jadi kerdil karena pertumbuhan bunga yang kurang sempurna.

Kelembaban Udara untuk tanaman kacang tanah berkisar antara 65 sampai 75 persen. Adanya curah hujan yang tinggi dapat meningkatkan kelembaban disekitar pertanaman.

Penyinaran sinar matahari secara penuh dan merata sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan kacang tanah ini. Terutama bagi pertumbuhan bunga, kesuburan dan kelembaban kacang.

Tanah Lahan adalah jenis tanah gembur dan banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan kacang tanah.
PH tanah antara 6 sampai 6,5

Setelah lahan yang sesuai telah kita siapkan, berikut cara menanam kacang tanah agar hasil maksimal, banyak dan hasil melimpah.

 

Pemilihan Bibit Unggul Kacang Tanah

Agar Hasil Panen Kacang Tanah bisa melimpah, banyak dan maksimal anda harus menanam kacang tanah dari bibit ungul dengan ciri – ciri sebagai berikut :
Bibit Kacang berasal dari varietas unggul

  • Kemampuan pertumbuhan lebih dari 90 %
  • Bebas Hama dan penyakit
  • Kulit Benih Tidak Keriput dan cacat
  • Bibit Unggul adalah terdiri dari satu jenis saja, artinya tidak bercampur dengan varietas atau jenis kacang tanah lainnya.

Berikut Contoh Gambar bibit benih yang memiliki kualitas baik dan unggulan.

Bibit Unggul Kacang Tanah

Bibit Kacang Tanah


Persiapan Benih

Setelah kita mendapatkan bibit unggul yang diharapkan, berikut cara menanam kacang tanah yang benar adalah mempersiapkan bibit unggul kacang tanah tersebut sebelum ditanam diantara nya :
Menyiapkan lahan yang kering untuk bibit kacang tanah dan dalam wadah yang  kering dan tertutup rapat, hal ini bertujuan agar benih tetap terjaga tingkat kekeringannya dan tidak lembab.

Persiapan dan Pengolahan Lahan Kacang Tanah

Setelah menyiapkan Bibit kacang tanah, selalnjutnya kita persiapkan lahan kacang tanah, pengolahan lahan kacang tanah bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut  :

  • Bajak atau cangkul lahan untuk membersihkan lahan dari gulma, rumput liar dan akar – akar tanaman sebelumnya.
  • Jenis tanah ber PH terlalu asam atau kurang dari 5 maka lakukan pengapuran tanah dengan memberikan kapur dolomit dengan dosis 1 ton / hektar.
  • Proses pengapuran sebaiknya dilakukan maksimal 1 bulan sebelum masa tanam dilakukan
  • Buat Bedengan selebar 70 cm, tinggi 30 cm dan panjang menyesuaikan kondisi lahan.
  • Beri Jarak antar bendengan kurang lebih 1 meter sebagai akses air hujan agar tidak menggenangi bendengan
  • Beri pupuk kandang yang sudah matang dengan dosis 2 ton / hektar untuk menambah unsur hara dalam lahan setelah itu diamkan selama 1 minggu agar pupuk tercampur rata didalam tanah.
  • Buat lubang tanam pada bendengan sedalam 3 cm dengan jarak tanam antar bibit 40 cm x 20 cm atau 40 x 10 cmContoh gambar lahan kacang tanah (bedengan) sebagai langkah awal penanaman kacang tanah seperti gambar dibawah ini :
Cara Pengolahan Lahan Untuk Kacang Tanah

Cara Pengolahan Lahan Untuk Kacang Tanah

Cara Menanam Bibit kacang Tanah

Setelah lahan dan bibit siap, langkah selanjutnya adalah tahap menanam bibit. jika lahan anda termasuk lahan yang kering, sebaiknya  Cara menanam bibit kacang tanah dilakukan ketika musim penghujan tiba

Namun jika lahan yang anda gunakan tergolong dari lahan yang mengandung banyak kandungan air didalam nya, termasuk persawahan atau tegalan, maka penanaman bibit bisa dilakukan pada bulan April hingga juni atau bisa juga pada bulan juli hingga september.

Cara Menanam Kacang Tanah adalah dengan cara memasukkan bibit kacang tanah pada lubang tanam yang sudah dipersiapkan , setiap satu lubang berilah satu hingga dua bibit kacang tanah, dengan kedalaman biji 3 cm dari permukaan tanah.

Penyulangan Kacang Tanah

Cara menanam kacang tanah yang baik dan benar tidak terlepas dari proses penyulaman. Cara menyulam kacang tanah yaitu dengan mengganti kacang tanah yang tidak tumbuh dengan baik agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman kacang tanah lainnya.

Proses penyulaman ini bisa dilakukan setelah masa tanam menginjak usia 5 hingga 7 hari.

Penyiangan Tanaman

Tahap Selanjutnya dari cara menanam kacang tanah secara lengkap adalah dengan penyiangan yaitu membersihkan gulma dan rumput liar yang mengganggu sekitar lahan.

Untuk tahap penyiangan cara menanam kacang tanah yag baik dan benar adalah seperti yang ada pada gambar berikut
Proses Penyiangan dapat dilakukan 2 kali pada usia kacang 1 hingga 6 minggu setelah masa tanam. Mencabut gulma sebaiknya berhati – hati jangan sampai mencabut bunga atau polong tanaman kacang tanah.

Penyiraman Kacang Tanah Yang Benar

Setelah langkah diatas semua dilakukan tahap cara menanam kacang tanah selanjutnya adalah dengan menyiram nya. Penyiraman tanaman kacang tanah bisa dilakukan setiap pagi dan sore terutama jika lahan yang kita gunakan adalah jenis lahan kering. Jika sudah menginjak musim penghujan, penyiraman bisa anda kurangi intensitas nya.

Hal yang paling penting yang perlu diperhatikan ketika menyiram kacang tanah adalah jangan sampai kita menyiram nya ketika sedang berbunga. Karena hal ini bukan justru membuat nya subur malah mengganggu proses penyerbukan tanaman itu sendiri.

Masa Panen tanaman Kacang Tanah

Masa panen pada kacang tanah bisa dilakukan setelah usia tanam mencapai 3 bulan jika varietas kacang tanah unggulan. Namun jika varietas kacang tanah tersebut kurang bagus, Panen bisa dilakukan jika usia tanam masuk ke bulan ke 5,

Sebelum memanem hasil tanam kita, sebaiknya kita perhatikan juga ciri – ciri tumbuhan nya.

Ciri – Ciri kacang tanah yang bagus dan sudah siap untuk dipanen.

  • Jika batang kacang tanah mulai mengeras.
  • Daun mulai menguning dan berguguran.
  • Polong terisi penuh, mengeras, berwarna cokelat dan kehitaman
  • Untuk memastikan itu semua, anda bisa membuka satu polong kacang tanah untuk digigit sendiri, jika memang sudah tua dan siap di panen, pada gigitan akan terlihat kalau kacang memang benar – beanr tua dan matang.

Demikian lah Cara Menanam Kacang Tanah Secara Lengkap dengan baik dan benar untuk mendapatkan hasil maksimal , semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan. Amin