Terlengkap.. Cara Menanam Kacang Hijau Step By Step Sampai Panen

Tanamankebunku.comCara menanam kacang hijau yang diterapkan petani Indonesia saat ini rata – rata masih menggunakan teknik budidaya yang bersifat tradisional. Belum mengadopsi sistem teknologi budidaya atau cara menanam kacang hijau yang tepat dengan penggunaan bibit kacang hijau unggul (varietas unggul).  Padahal hingga saat ini permintaan kacang hijau di Indonesia belum mencapai titik jenuh. Sangat disayangkan bila produktivitas dan produksi lebih rendah daripada permintaan sehingga masih perlu dilakukan analisa budidaya kacang hijau.

 

Cara menanam kacang hijau bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti contohnya menanam kacang hijau di aqua gelas atau botol aqua, dengan media tanam kapas, menanam menggunakan botol aqua.  Tidak hanya itu, Cara menanam kacang hijau juga bisa menggunakan polybag atau di pot. Hasilnya juga bisa cepat berbuah  dan cepat tumbuh seperti menanam nya di tanah biasa dan lahan sawah.
Baca juga : Cara Menanam Kacang Tanah
Cara menanam kacang tanah di polybag

Petani biasanya menggunakan lahan sawahnya untuk menanam kacang hijau jika musim kemarau tiba. Karena tidak mungkin jika musim kemarau mereka menaman padi. Menanam tanaman kacang – kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang panjang, buncis Ini menjadi pilihan yang tepat ketika musim penghujan sudah lewat.

 

Tanaman kacang hijau sudah dikenal luas dan sudah lama dibudidayakan di Indonesia. Kacang hijau termasuk tanaman pangan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Kelebihan Kacang hijau dibandingkan dengan jenis kacang lain diantaranya adalah mampu hidup dan cepat berbuah di daerah kering.

 

Kacang hijau merupakan tanaman yang tahan terhadap berbagai macam serangan hama dan penyakit pada tumbuhan. buktinya hingga saat ini sedikit sekali penyakit dan hama yang menyerang tanaman ini. Dengan demikian, resiko kegagalan panen juga semakin kecil. Selain itu sistem budidaya dan cara menanam kacang hijau juga relatif mudah.

Di Indonesia, tanaman kacang hijau merupakan tanaman kacang – kacangan  ketiga yang banyak dibudidayakan setelah kacang tanah dan kedelai. Baca juga cara menanam kacang tanah.

 

Nilai Agronomis dan Ekonomis dalam Menanam Tanaman Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis kacang lain seperti kacang tanah dan kacang kedelai dari sisi agronimis dan ekonomis

 

Dari sisi agronomis :

  • Kacang hijau termasuk jenis tanaman yang tahan kekeringan dan dapat tumbuh cepat dan berbuah lebat di tanah yang kurang subur.
  • Kacang hijau tahan terhadap hama tanamn dan penyakit pada tanaman dibandingkan dengan tanaman kacang – kacangan lainnya.
  • Budidaya kacang hijau relative mudah.
  • Resiko gagal panel kecil.
  • Kacang hijau cocok ditanam di sawah taah hujan dan daerah yang beririgasi rusak.
  • Tanaman kacang hijau bisa ditanam dengan input produksi rendah. artinya dalam penanaman dan cara menanam tidak perlu pengolahan tanah, pemupukan dan pengairan yang insentif.

 

Dari Sisi Ekonomi :

  • Kacang hijau termasuk tanaman pangan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu harga nya relatif stabil.
  • Permintaan yang terus meningkat.
  • Perhatian petani terhadap tanaman kacang hijau dianggap masih kurang, karena perlu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil panen. (panen kacang hijau tidak serempak). Dengan demikian perputaran modal lambat. Kendala tersebut dapat dikurangi dengan pemakaian bibit unggul dan dan perbaikan atau sistem teknologi yang lebih modern.
  • Peningkatan luas area tanaman kacang hijau termasuk lambat.

Manfaat kacang hijau

  • Kacang hijau merupakan sumber protein nabati, vitamin (A, B, C, dan E)
  • Mengandung zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti amilum, besi, belerang, kalsium, minyak lemak, mangan, magnesium dan niasin.
  • Selain bijinya, daun kacang hijau yang muda bisa dimanfaatkan sebagai sayuran.
  • Kacang hijau bermanfaat untuk memperlancar buang air besar dan menambah semangat.
  • Dengan kandungan gizi yang baik, kacang hijau banyak digunakan sebagai bubuk bahan utama pembuatan makanan bayi dan minuman siap saji dalam kotak maupun kaleng.
  • Kecambah kacang hijau (taoge) mengandung vitamin E yang tidak ditemukan pada kacang tanah dan kedelai. Bahkan nilai gizi kecambah kacang hijau lebih baik dibandingkan gizi biji kacang hijau. Ini tejadi karena kecambah telah mengalami proses perombakan makromolekul menjadi mikrolekul yang menyebabkan mengingkatnya daya cerna.
  • Vitamin E yang terdapat pada kacang hijau merupakan senyawa anti oksidan dalam tubuh manusia.

Akar Kacang Hijau.

Kacang hijau berakar tunggang. Sistem perakarannya dibagi menjadi duayaitu mesophytes dan xerophytes. Mesophytes adalah tnaman yang mempunyai banyak cabang akar pada permukaan tanah dan tipe pertumbuhannya menyebar.

Sedangkan tipe xerophytes adalah tanaman yang memiliki akar cabng lebih sedikit dan memanjang kearah bawah.

 

Batang Kacang Hijau.

Batang Kacang hijau berbentuk bulat dan berbuku – buku. Ukuran batangnya kering dan hijau kecokelatan atau kemarahan.  Setiap buku batang menhasailkan satu tangkai daun. Kecuali pada daun pertama berupa sepasang daun yang berhadap – hadapan dan masing – masing daun mempunyai tunggal.

Batang kacang hijau tumbuh tegak mencapai 1 m dan cabangnya menyebar kesemua arah.

 

Daun Kacang Hijau.

Daun kacang hijau tumbuh majemuk. Terdiri dari tiga helai anak daun setiap tangkai. Helai daun berbentuk oval dengan bagian ujung lancip daun tanaman kacang hijau berwarna berwarna hijau muda ada yang hijau tua. Letak daun bersseling dan tangkai daun lebih panjang daripada daun kacang tanah itu sendiri.

 

Bunga Kacang Hijau.

  • Bunga kacang hijau berbentuk kupu – kupu dan berwarna kuning kehijuan atau kuning pucat.
  • Bunga pada tanaman kacang hijau merupakan bunga yang berkelamin sempurna ( hermaprodit).
  • Proses penyerbukan pada tanaman kacang hijau terjadi pada malam hari sehingga pada pagi harinya akan mekar dan pada sore hari menjadi layu.

 

Buah Tanaman Kacang Hijau.

Buah kacang hijau berbentuk polong, panjang polong sekitar 5 – 16 cm. setiap polong berisi 10 – 15 biji. Polong kacang hijau berbentuk bulat silindris memipih dan agak tumpul. setelah tua berubah menjadi cokelat kehitaman buah kacang hijau ini berwarna hijau. Polongnya mempunyai rambut – rambut pendek atau berbulu.

 

Biji Tanaman Kacang hijau

Biji kacang hijau lebih kecil dibandingkan biji kacang tanah atau  kacang kedelai memiliki bobot 0.6 – 0.9 mg. kulitnya hijau berbiji putih. Dan bijinyasering digunakan untuk kecambah atau taoge. Biji kacang hijau ini sendiri berbentuk bulat.

 

Varietas Unggul Kacang hijau

Tidak hanya varietas yang memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang dan proses cara menanam kacang hijau. Teknik dan sistem budidaya juga sangat mempengaruhi. Varietas unggul kacang hijau pertama kali dilepaskan di Indonesia adalah Jenis no 129 dan Bhakti. Varietas unggul kacang hijau saat itu muncul pada tahun 1970. Menghasilkan 1.6 ton biji kering per hektar. Namun setelah dilakukan penanaman oleh petani hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Bahkan lebih rendah. Oleh sebab itu  pemerintah berusaha mengeluarkan bibit varietas super dan terbaik serta memberikan penyuluhan kepada petani untuk menerapkan sistem budidaya kacang hijau agar menjadi lebih baik.

Syarat Tumbuh Kacang Hijau PDF

Syarat pertumbuhan kacang hijau dipengaruhi beberapa faktor seperti cuaca, iklim, lahan yang digunakan dsb. Kacang hijau membutuhkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu tanaman kacang hijau rata – rata ditanam pada sawah atau tanah yang lembab.

 

Jenis Lahan dan ketinggian yang dibutuhkan untuk menanam kacang hijau :

 

Tanah merupakan media tempat tumbuh tanaman yang terdiri dari zat padat, cair dan udara. Zat padat dalam tanah terdiri dari humus, air, mineral tanah, bisa juga bebatuan dan makhluk hidup yang ada didalamnya seperti cacing. Pemberian pupuk dalam proses cara menanam kacang hijau akan mamperkaya ketersediaan hara dalam tanah sehingga akar dapat menyerapnya untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. hal ini sangat penting diperhatikan dalam cara menanam kacang hijau.

 

  • Tanaman kacang hijau membutuhkan tanah yang tidak terlalu banyak tanah liat.
  • Tanah dengan organic tinggi sangat disukai tanamn kacang hijau ini. Tanah berpasir pun dapat digunakan untuk menanamn kacang hijau. Asal kebutuhan airnya terjaga dengan baik.
  • Jenis tanah yang dibutuhkan adalah latosol atau regosol. Tanah tersebut lebih baik ditanami padi terlebih dahulu baru kemudian digunakan untuk menanam kacang hijau.
  • Keasaman tanah (pH) yang diperlukan untuk hasil optimal dan maksimal adalah antara 5,5 – 6,5.
  • Untuk tanah dengan pH dibawah 5,5 sebaiknya dilakukan pengapuran guna meningkatkan pH dan menetralisir keracunan aluminium. Sedangkan untuk tanah yang memiliki pH diatas 6,5 tidak perlu dilakukan hal tersebut.
  • Ketinggian 5- 700m dpl.
  • Pada daerah yang memiliki ketinggian diatas 700 m dpl, produktifitas tanaman tropis menurun dan umur panen nya menjadi lebih panjang.

Iklim yang sesuai untuk tanaman kacang hijau.

 

Cara menanam kacang hijau yang baik dan benar agar cepat tumbuh diperlukan suhu udara yang baik sekitar 25 – 27o C. karena tanaman ini tidak menghendaki suhu udara yang terlalu tinggi.

Tanaman kacang hijau lebih menyukai daerah yang relatif kering dengan kelambaban udara antara 50 – 89 %. Karena fotosintesis akan mencapai maksimum sekitar pukul 10.00.

Kebutuhan Air dan cara menanam kacang hijau agar tumbuh baik dan cepat berbuah

  • Sebenarnya kebutuhan air untuk tanaman kacang hijau hanya kritis saat awal pertumbuhannya sampai fase berbunga (Sekitar 1 bulan setelah tanam)
  • Daerah yang memiliki curah hujan 50-200 mm per bulan adalah daerah yang baik untuk budidaya tanaman kacang hijau ini.
  • Curah hujan yang tinggi menyebabkan tanaman mudah terkena serangan hama dan patofen penyakit tumbuhan.
  • Mempersiapkan benih yang bagus dalam proses cara menanam kacang hijau ini.
  • Untuk menghasilkan hasil panen yang baik dan bagus, diperlukan cara menanam kacang hijau dengan bibit yang berkualitas tinggi dan super.
  • Benih yang berkualitas atau bermutu adalah syarat mutlak untuk menghasilkan tanaman kacang hijau yang tumbuh subur dan maksimal. Jadi pemilihan bit atau benih kacang hijau super dan terbaik pada awal penanaman ini sangat penting dilakukan.
  • Benih kacang hijau adalah biji tanaman kacang hijau yang tumbuh menjadi tanaman muda. yang kemudian tanaman muda ini menjadi dewasa dan mengeluarkan bunga dan berbuah.

 

Tips Pemilihan Benih kacang hijau yang berkualitas atau terbaik atau super.

  • Benih yang memiliki kualitas super atau terbaik adalah benih yang didapat dari varietas unggul yang telah melalui proses sertifikasi.
  • Secara umum mutu kacang hijau dibedakan menjadi tiga. yaitu Mutu fisik, mutu genetic dan fisiologis.
    Sebelum dilakukan pengadaan benih sebelum proses tanam. Sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal diantaranya persyaratan beih, pengadaan benih dan perlakuan benih sebelum tanah.

 

Syarat benih atau bibit kacang hijau terbaik dan berkualitas untuk menanam kacang hijau.

  • Bebas hama dan penyakit
  • Memiliki suhu normal
  • Bebas bau busuk, asam dan bau lainnya yang mengganggu
  • Tentunya bebas dari bahan kimia apapun seperti insektisida dan fungisida

    Persyaratan benih yang harus dipenuhi kacang hijau adalah sebagai berikut.

  • Daya tumbuh minimal 85 persen
  • Benih harus sudah tumbuh kurang dari 4 harian.
  • Biji sehat secara fisik, tidak keriput, mengkilap dan tidak  ada luka gigitan serangga
  • Benih bersertifikat dari panagkar resmi
  • Murni, tidak tercampur dengan biji gulma atau varietas lainnya

    Pengadaan benih

  • Pengadaan benih ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memproduksi sendiri dari hasil panen atau bisa juga Anda membeli diluar.
  • Sebaiknya jika membeli benih dipasaran penting memperhatikan kemasan.
  • Seperti benih yang berkualitas dan terbaik bermutu super memiliki label dan bersertifikat.
  • Tips sebelum membeli dan memilih benih yang baik dan unggul sebaiknya anda juga memperhatikan iklim dan lahan setempat.

 

Benih unggul dan berkualitas dalam cara menanam kacang hijau terdiri dari :

  • Nomor seri label.
  • Nama dan alamat produsen.
  • Jenis varietas dan jenis tanaman.
  • Nomor kelompok.
  • Netto atau berat bersih wadah.
  • Cap dari balai pengawasan benih dan sertifikasi benih tanaman  pangan dan hortikultura (BPSBTPH).
  • Terdapat tulisan informasi mengenai daya tumbuh, masa berlaku, kemurnian, kotoran dan persentase kadar air.

    Perlakuan benih sebelum menanam tanam kacang hijau.

  • Hal yang harus kita perhatikan sebelum menanam benih adalah memperlakukan nya dengan benar.
  • Dalam Cara menanam kacang hijau, Sebelum ditanam sebaiknya benih dicampur terlebih dahulu dengan fungisida seperti Ridomil atau Benlate. Terutama bila diduga terdapat jamur dipermukaannya. Wajib dibersihkan terlebih dahulu.
  • Dosis dan cara mencampurnya sesuai dengan yang tertera pada kemasan yang terdapat pada fungisida.
  • Sementara bila diduga terdapat penyakit, sebaiknya bnih dimasukkan kedalam lubang bersama – sama dengan insektisida butiran dan sistematik seperti Furadan 3G. begitu juga dosis yang digunakan harus sesuai dengan yang tertera pada kemasan.

    Kebutuhan benih kacang hijau per hektar

Kebutuhan benih kacang hijau per hektar ini hal yang sering menjadi pertanyaan sebelum menanam kacang hijau.

Kebutuhan benih per hektar tergantung banyak benih per lubang dan jarak tanam. Missal 500.000 tanaman tiap hektar 35 kg, namun bila digunakan benih yang lebih kecil maka benihnya lebih sedikit. Begitu sebaliknya.

Kebutuhan benih per hektar juga tergantung pada varietas, bobot 1000 butir benih ( ukuran benih).

Penyimpanan Benih yang baik dan benar

Agar benih atau bibit varietas unggul dapat bertahan lama dan mutunya tidak menurun, perlu dilakukan penyimpanan yang baik dan benar. Tidak semua benih yang diperoleh habis ditanam dalam satu periode penanaman. Sisa nya ini bisa disimpan. Agar kualitasnya tetap terjaga perlu memperhatikan beberapa ha berikut ini.

  • Benih disimpan dalam keadaan kering dengan Kadar air biji kacang hijau kurang dari 10 hingga 12 persen.
  • Biji yang telah bersih dikeringkan dengan cara dijemur dengan menggunakan alat pengering.
  • Semakin kering semakin baik, karena nanatinya akan disimpan.
  • Benih kacang hijau sebaiknya disimpan dalam ruangan yang sejuk, kering dan bersih serta mendapat sirkulasi udara yang baik.
  • Wadah penyimpanan hindari penggunaan berbahan dasar plastik. Sebab akan menyebabkan mudah rusak dan lembab. Sebagai penggantinya bisa digunakan kantong bekas terigu atau bisa menggunakan botol yang didalamnya sudah tercampur abu gosok.
  • Hindari tetesan serangan hama gudang dan air.

 

Cara Menanam Kacang Hijau

Cara menanam kacang hijau dapat  ditanam pada daerah yang lembab dan cukup mendapatkan sinar matahari. Tapi kacang hijau juga bisa tumbuh di tanah yang kurang subur. Teknik budidaya dan cocok tanam kacang hijau sangat mempengaruhi hasil panen. Oleh karena itu agar produksi bisa maksimal di perlukan teknik pengolahan lahan sebelum penanaman, proses penanaman dan pemeliharaan tanaman kacang hijau.

 

Pengolahan Tanah sebelum menanam kacang hijau.

  • Pengolahan tanah pada proses dan cara menanam kacang hijau perlu dilakukan untuk memperbaiki sifat kimia, fisik dan biologi tanah agar menjadi lebih gembur.
  • Bersihkan tanah dari gulma.
  • Untuk menanam kacang hijau di lahan Sawah
  • Gunakan sistem Walik Jerami yaitu tanaman ditanam setelah padi dipanen, sehingga tidak memerlukan pengolahan tanah lagi.
  • Pembuatan petak berukuran 5 x 4 m atau ukuran disesuaikan dengan kondisi lahan. Dan jarak antar petak sejauh 2m
  • Biarkan tanah hingga beberapa waktu sampai kering. Kemudian jerami hamparkan.
  • Penghamparan jerami juga berfungsi sebagai mulsa.
  • Untuk memperbaiki aerasi tanah, buat saluran antar petak dengan lebar saluran 40 cm dan kedalaman 30 cm.

 

Cara menanam kacang hijau di tegalan atau lahan kering.

  • Pengolahan tanah pada penanaman kacang hijau dilahan kering dilakukan dengan cara membajak atau mencangkul tanah dengan kedalaman 20 hinga 30 cm
  • Setelah pembajakan pertama. Biarkan tanah. Tujuannya biar terjadi proses oksidasi.
  • Untuk pengolahan kedua tergantung pada kondisi tanah. Untuk tanah dengan kategori berat perlu dilakukan pembajakan kedua. Kemudian lakukan penggaruan.
  • Untuk kategori jenis tanah ringan, setelah pembajakan pertama langsung bisa dilakukan penggaruan.
  • Lakukan petakan. Ratakan petakan dan perdalam parit antar petakan sebagai saluran pengairan.
  • Buat petakan dengan lebar 3 hingga 4 m dan ukuran panjang teegantung pada kondisi lahan.
  • Tanah dengan ph kurang dari 5,5. Lakukan pengapuran terlebih dahulu.
  • Pelaksanaannya dilakukan bersamaan dengan pembajakan tanah pertama dan kedua.
  • Kapur yang diberikan sebaiknya kapur pertanian (kaptan) dengan rumus kimia CaCO3 atau bisa disebut kapur karbonat.
  • Taburkan kapur diats lahan dan campurkan dengan lapisan tanah sedalam 20 – 30 cm tadi.
  • Jumlah kapur karbonat baik dolomite dan kalsit kira – kira 2 sampai 4 ton per hektar. Tergantung pada pH tanah.
  • Setelah pengapuran biarkan tanah 2 hingga 4 minggu.

 

Pola Tanam dalam proses dan cara menanam kacang hijau.

Pola penanaman dalam cara menanam kacang hijau bisa dilakukan lebih dari satu jenis. Tanaman kacang hijau baik ditanam pada lahan sawah dan tegalan sebagai tanaman Tunggal atau Monokultur. Tapi kelebihan tanaman kacang hijau ini bisa di rotasikan dan ditanam bersama tanaman lain sebagai tanaman tumpang sari atau sisipan.

  • Tanaman tumpang sari tersebut bisa ubi kayu dan jagung. Pola yang dilakukan dapat menyisipkan dua barisan diantara barisan tanaman jagung.
  • Tumpangsari antara tanaman jagung dan kacang hijau justru akan saling menguntungkan tanaman jagung karena adanya perembesan dari tanaman kacang hijau.

    Jarak tanam dan populasi

  • Kacang hijau dapat ditanam dengan jarak 40 kali 10 cm. atau 20 x 20 dengan dua butir beih tiap lubang.
  • Pembuatan lubang bisa dilakukan secara tunggal atau dengan cara alur tanam.
  • Lubang tanam atau alur tanam tidak boleh terlalu dalam. Ukuran terbaik adalah 3 hingga 5 cm. alur tanam dibuat dengan cangkul atau kored.
  • Disamping lubang tanam buat alur pupuk dengan jarak 10 cm dari lubang tanam dengan kedalaman 10 cm.

Cara Penanaman Tanaman Kacang Hijau

Cara menanam kacang hijau

  • Tanam benih kedalam lubang tanam dengan baik dan benar. Jangan sampai benih muncul kepermukaan tanah. Karena sama saja memberi makanan pada burung atau ayam.
  • Sebelumnya lubang benih dimasukkan insektisida butiran.
  • Setelah benih dimasukkan, lubang benih ditutup dengan baik. Penutupan lubang jangan dipadatkan. Sebab perkecambahan akan terganggu.

Pemeliharaan dalam Cara Menanam Kacang Hijau.

Pemeliharaan kacang hijau penting juga dilakukan untuk mendapatkan hasil produksi kacang hijau yang maksimal. Pemeliharaan kacang hijau meliputi pemupukan, penyiangan, penyulaman, pengairan, dan penyiraman.

 

Pemupukan.

Pemupukan pada tanaman kacang hijau bisa dilakukan dengan anjuran 50 kg KCI dan 50 kg urea, 75 – 100 kg SP – 36 per hektar.semua jenis pupuk diberikan seluruhnya pada saat tanam. Ketiganya jenis pupuk diatas diberikan saat proses tanam. Dicampurkan dan dibagikan secara merata kedalam alur pupuk. Jangan lupa untuk menutup pupuk agar jika terkena air tidak menguap.

 

Penyiangan

Penyiangan dilakukan pada 14 dan 40 hari setelah tanam. Penyiangan pertama dilakukan sebelum tanaman berbunga. Fase kritis tanaman kacang hijau terhadap gulma ini adalah mulai kecambah hingga 30 hari setelah proses tanam. sehingga pada saat periode tersebut usahakan tanaman harus bebas dari gangguan  gulma.

 

Penyulaman

  • Penyulaman dilakukan untuk menyeleksi tanaman yang mati.
  • Waktu penyulaman jangan ditunda sekitar  satu hingga 2 minggu setelah proses tanam dilakukan.
  • Benih sulaman ditanam di lubang tanam setelah tanaman yang mati dicabut dan benih yang tidak tumbuh dibuang.
  • Sebelum itu lubang sulaman sudah diberikan furan lagi.

 

Cara Penyiraman dan Pengairan pada Tanaman Kacang Hijau.

  • Kebutuhan air untuk kecambah dalam cara menanam kacang hijau adalah seminggu pertama setelah proses tanam dilakukan. Pada saat itu pengairan jangan sampai telat agar tanah selalu lembab.
  • Jaga selalu pemberian air agar jangan sampai menggenangi areal pertanaman. Karena hal itu akan menyebabkan benih menjadi busuk.
  • Penggenangan saluran bisa Anda lakukan setiap hari selama setengah jam an.
  • Untuk selanjutnya dilakukan sesuai kondisi cuaca.
  • Jika musim hujan tiba, pengairan tidak perlu anda lakukan.dan sebaliknya bisa cuaca kering, pengairan perlu dilakukan sesuai syarat pertumbuhan.
  • Lakukan pengairan insentif hingga fase berbunga dan pada waktu pembentukan polong.
  • Namun seminggu sebelum panen. Pengiran tidak diperlukan lagi.

 

Diatas adalah cara menanam  kacang hijau dan analisa menanam kacang hijau dengan baik dan benar. Step dan langkah – langkahnya persis seperti diatas. Insya Allah hasil panen dan produksi lancar sesuai yang diharapkan